Mengenal Umi Marfa

Umi Marfa merupakan seorang blogger asli Banyumas yang saat ini sedang menempuh pendidikan Sastra Inggris di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). Dengan blog www.umimarfa.web.id, doi berbagi segundah cerita dan pemikirannya kepada kita semua. Bercerita bersama sudut-sudut kamar, yang menambahkan fantasi pada setiap tulisannya.

Mengenal Umi Marfa

Saya kenal doi itu karena nggak sengaja. Waktu itu, temen saya ada yang komen-komenan di Google+ sama doi. Langsung dong saya kepo, siapa sih doi ini. Setelah saya buka profil Google+, ternyata doi itu punya blog dan alamatnya di Banyumas.

Karena makin penasaran, saya buka deh blognya. Nggak disangka-sangka, tulisannya itu bagus banget menurut saya. Maklumlah, saya kan masih belajar nulis jadi butuh banget tuh yang namanya inspirasi.

Suatu hari, saya ngubek-ubek beranda G+ dan nemu artikel yang berjudul “Butuh Tiga Tahun untuk Postingan Ini”. Saya penasaran dong, kok itu fotonya kaya di SMK saya ya.

Eh beneran, ternyata doi itu pelajar SMK Negeri 1 Banyumas. Bahkan doi ni temen sekelasnya Mas Faiz, salah satu role model saya saat ngeblog.

Waduh jadi rada kaget dong saya, ternyata ada juga yang serius ngeblog selain Mas Faiz. Kirain cuman laki doang tuh yang suka ngeblog, ternyata cewek juga ada ya. Hmmm~

Karena sering ngintip tulisan-tulisan di blognya doi, saya jadi makin penasaran sama doi. Akhirnya, saya nemuin tuh akun Facebook-nya.

Awalnya sih saya nggak mau ngechat doi, takut nggak balas dan jutek. Tapi saya nekat aja lah, hitung-hitung belajar ngeblog sama doi. Saya PDKT? Mungkin iya. Tapi niat saya sih emang cuman buat belajar aja sama doi. Gaya penulisannya ituloh yang bikin kagum. Enak banget dibaca~

Nah, dilihat darimanapun, cewek ini emang punya soul menulis. Dari tata bahasa, pengambilan diksi, alur cerita dan guyonannya, saya rasa ngepas banget. Untuk ukuran seorang pelajar SMK, tulisan kaya gitu jelas ciamik bangetlah menurut saya.

Doi nama lengkapnya Umi Marfathonah, biasa dipanggil 'Marfa'. Karena nama yang begitu Islami, doi jadi sering dikira ibu-ibu. Haha, lucu juga yah 😀

Oh iya, doi itu lahir di Banyumas, 31 Maret 1997. Punya hobi : ngeblogbaca mager dan makan. Satu lagi nih, doi juga suka mengenal diri sendiri sepenuhnya dan bisa berdamai dengan segala kekurangan yang ada. So, mungkin doi ini tipe cewek yang lombo dan legowo. Iya, mungkin~

Yuk simak Q&A saya bersama Mbak Umi Marfa!


Umi Marfa Blogger

1.  HJABFKABFBLABLABALABLA?


= JABFKJAHBChmMAHFBKABFVKAMFNCVAL...???!!


2. Kenapa sih pilih Sastra Inggris? Kenapa nggak yang lain aja?


= Ya percaya aja si kalo Sastra Inggris nanti akan membawa saya kemana-mana. Ternyata pun belajar Bahasa Inggris itu luas banget, nggak cuman itu-itu aja.

Kalau di sekolah selama ini kan basic ya paling pola kalimat, nah di kuliah ini dimulai dari sejarahnya, terus negara atau event apa yang memengaruhi Bahasa Inggris sampai sekarang, pengaruh penulis ke Bahasa Inggris dan lain-lain.

3. Awal mula kenal blog dari mana?


Umi Marfa bocah penulis
Karena menjadi blogger itu melelahkan
=  Kenal blog kelas 8, jaman awal mula punya Facebook (sekarang anak SD mah udah punya ya). Jadi karena punya Facebook kan jadi sering ke warnet, kadang sering juga bareng temen, nah temen itu punya Blog, Plurk dan G+.

Dulu kan kepo banget itu semua apaan ya, yaudahlah nyoba bikin blog dan lahirlah blog itu di warnet hahaha (temen yang tadi punya blog malah ngga update).

Awal-awal isinya umum banget cuma copas lagu dan cerpen, nyampe kelas sembilan update cuman ya itu-itu aja. Nggak berkembang, terus mati sampai kelas 2 SMK.

Nah pas pelajaran TIK suruh setor alamat blog dan diupdate apa aja secara berkala. Dari situ mulai berkembang lagi sampai sekarang, ngga nyangka aja sih sekarang malah ditekuni gitu.

4. Kenapa suka nulis?


= Suka nulis karena....... Sebenernya ngga tau juga sih, nulis tuh kaya kegiatan yang ngga bisa lepas dari kehidupan sehari-hari.

Whether kamu lagi sedih apa seneng, bisa buat relaksasi juga. Kalau misal banyak masalah, bingung, keresahan, dan lost nggak tau kemana/mau apa ya akhirnya nulis, lega.

Nulis dimana aja sih, malah seringnya random. Di balik buku lah, kadang di word terus save lah, kadang juga kalo bisa ngolah malah bisa jadi postingan.

5. Manfaat yang di rasakan?


= Manfaatnya buat diri sendiri ya tadi, bisa relaksasi, bisa ngembangin skill menulis juga. Nulis itu ternyata lumayan susah loh. Selain itu, kalau kebetulan posting di blog dan banyak orang yang ikut mikir, atau ngasih ucapan terima kasih mungkin karena saran, atau apa, merasa bermanfaat aja gitu.

6. Motivasi terbesar ngeblog?


= Motivasi terbesar ngeblog, mungkin hanya berprinsip murni menekuni hobi dan juga tentang berbagi. Syukur-syukur bisa menginspirasi. Misalnya kamu punya pengalaman nih di bidang apa, bisa bagi-bagi di blog, so mereka bisa ikut kebantu.

Walaupun blog saya itu sebenernya banyak banget postingan non-SEO, nggak memasukin keyword buat page one dan sebagainya, karena ya blog buat tempatnya berbagi. Sekarang saya banyak baca blog yang jadi kaya ala-ala robot buat ningkatin trafik. Banyak juga ya hahaha~

7. Penulis favorit dan alasannya ?


= Penulis favorit JK Rowling sama Sujiwo Tejo. Kalau JKR emang dari awal jadi suka baca buku fantasi, nggak cuman alur yang beliau buat yang saya suka, tapi perjuangannya juga saat nerbitin bukunya.

Siapa sangka kan, dulu Harry Potter ditolak belasan penerbit sekarang malah udah cetakan keberapa di seluruh dunia. Meski gitu, beliau tetap rendah hati.

Kalo Sujiwo Tejo sih beliau itu unik, suka mencampur-campurkan apa saja. Pemikirannya juga paradoks, beliau juga produktif.

8. Kalau blogger favorite siapa?


= Kalau blogger favorit sih untuk sekarang Pungky Prayitno, dia perempuan cerdas menurut saya sih. Berani ambil hal-hal yang orang lain belum tentu juga, lagian dia juga sama-sama menetap di Purwokerto. Hahaha~

Nggak cuma sukses di blog dia, udah ke media, juga cetak. Oh iya, satu lagi blogger favorit : Agus Mulyadi. Dia jenaka, sederhana dan apa adanya, membumi lah.

blogger yang disukai mbak umi marfa
Tipe cowok idaman, sederhana dan membumi. Doi suka yang kaya gini 😂

9. Kapan nih mbaknya kek gitu, bikin buku gitu loh?


= Belum ada niatan bikin buku. Sampe sekarang paling kalau nggak stuck di puisi ya cerpen hahaha. Semoga disegerakan, tapi ya dengan ciri khas saya sendiri. Nggak mau kan nanti dibilang plagiat, karena blogger pun harus punya personal branding. Hahaha~
Oh iya tentang buku, alhamdulillah udah punya 8 buku.................

Antologi atau buku bersama, semoga terus bertambah. Penginnya nanti kaya Harper Lee aja, punya satu buku tapi dikenal luas dan mendunia. Iya kepengin aja dulu, Insyhaa Allah, semoga semesta mendukung. Eh Harper Lee bukunya dua sih sekarang yang setelah ‘To Kill a Mockingbird’. Karena buku bagus perlu riset yang lama juga.

10. Gimana sih bikin artikel menarik sesuai gaya bahasa sendiri?


= Gaya bahasa sendiri? Jadi kalau dapet ide tuh tulis aja mentahnya. Nggak usah diedit duluan yang penting nulis-nulis-nulis. Tabrak aja! Karena kalau pas keluar tuh, kadang suka lupa nyatet. Nah abis itu, edit deh.

Usahain tanda baca bener walau nggak formal. Kadang pembaca risih sekalipun kalo huruf awal bukan huruf kapital. Terus kalo judul nih, usahain menarik tapi nggak nipu. Kan banyak tuh yang judulnya wah (clickbait) tapi isinya kosong. Nggak berfaedahlah, bikin ilfil.

Nah anggap diri kita sebagai pembaca. Kira-kira kalau saya jadi pembaca, saya bakal betah nggak ya. Terus mau baca doang apa sekalian komen, terus subscribe.

Intinya buat pembaca nyaman, namun juga bukan memaksa. Nulis yang bagus itu kebiasaan, dan tambahan hasil apa yang kita lihat, apa yang kita dengar.

Sok bijak banget sungguh. Tapi emang bener sih, saya juga kalau lama nggak ngeblog tuh sayang banget.

11. Mbaknya nulis di MS. Word langsung di copypaste ke blog yah?


= Nggak, kadang di notepad, kalau di word kadang jadi muncul falsexfalse gitu.
false-false umimarfa


12. Oh iya mbak, mending pakai "gue" atau "saya"?


= Seenaknya aja sih, menurut saya lebih bebasan “gue”. Kalau “saya” lebih bisa diaplikasikan selain tulisan non-personal semisal cerpen gitu. Hahaha~

13. Kritik dan sarannya dong buat kemajuan blog saya?


= Selain bikin konten yang bagus, jangan berhenti belajar. Perbanyak baca, gabung ke komunitas blogger online buat belajar pengalaman sendiri. Selain itu, kan anak TKJ pinter coding nih biasanya. Belajar juga bikin template yang SEO friendly, ntar kan bisa ajarin saya, hahaha. 😂

Intinya sih kalau beneran jatuh cinta (what bahasanya hahaha) sama ngeblog, segala modal yang dikeluarkan : tenaga, pikiran, uang nggak akan sia-sia.

Percaya aja kamu akan mendapatkan banyaaaaaaaaaaak hal dengan ngeblog. Beneran deh! Dan kalau dapet uang dari blog, anggap itu salah satu tambahan. Tetap bikin pembaca betah nangkring di blogmu.

Lah sia anak silat juga, pengalamannya banyak bener di my list goal, aing ngiri banget sungguh hahaha.

(Haha iya saya ikut ekstra silat dulu pas kelas 10)

Betewe, doi juga bisa bela diri loh. Kalau nggak salah doi ikut perguruan Merpati Putih, nih buktinya...



Wah keren banget ya doi. Udah jago nulis, bisa bela diri lagi. Mantap-mantap!

Renungan....


Mungkin banyak dari kita (para blogger) yang keliru memahami esensi dari ngeblog. Kita seakan-akan terlalu berfokus mengejar materiil dan melupakan soul ngeblog itu sendiri. Padahal, rasa senang saat menulis bisa menjadi ‘bahan bakar’ utama biar kita lebih produktif. Mau nulis setiap hari pun nggak masalah, asal kita bahagia.

Kalau kita cuman berfokus sama materiil, kita bakal nganggep nulis sebagai ‘beban’. Ada baiknya sih, kita bantu masalah pembaca terlebih dahulu, baru tuh mikirin materiil. Jangan kebalik!

Dengan begitu, kita bisa menulis dengan lepas ~tanpa beban~ sama kaya Mbak Marfa.
“Anggap diri kita sebagai pembaca. Kira-kira kalau saya jadi pembaca, saya bakal betah nggak ya. Terus mau baca doang apa sekalian komen, terus subscribe. Intinya buat pembaca nyaman, namun juga bukan memaksa. Nulis yang bagus itu kebiasaan, dan tambahan hasil apa yang kita lihat, apa yang kita dengar.” – Umi Marfathonah

Makasih ya mbak udah sharing-sharing, saya doakan mbaknya sehat selalu dan apa yang diimpikan segera disemogakan. 👍

→ Baca juga: Sejarah Perjalanan Saya Ngeblog yang Bikin Nyesek!
See you!
Author Profile

Tentang Asrur Rifa

Perjaka kelahiran 1999. Blasteran Jawa Sunda. Suka sambal dan martabak.

4 Responses

  1. Silent reader kaa ya allah itu foto-foto aib wkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu jadi silent rider kaka :v Wahaha bukan aib bukan, tapi ekspresive :V

      Hapus

Kalo artikel ini keren, komen ya :D